Sabtu, 18 April 2009

Hampir Seluruh Parpol Merosot



  • Prediksi Kursi DPRD Jateng

SEMARANG- Kecuali Partai Demokrat, perolehan kursi seluruh parpol di DPRD Jateng diprediksi merosot. Pakar politik dari Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Joko J Prihatmoko memperkirakan, dari 100 kursi yang disediakan, selain diisi tujuh partai yakni PDI-P, Partai Demokrat (PD), Partai Golkar (PG), PKS, PKB, PPP, dan PAN, juga akan ditambah Gerindra dan Hanura.

’’Gerindra dan Hanura, dari pencermatan saya, tetap masuk ke Gedung Berlian. Kemungkinan Gerindra lima kursi dan Hanura empat kursi,’’ jelasnya, Sabtu (18/4).

Untuk tujuh partai, kecuali PD, perolehan kursi akan turun dibanding hasil Pemilu 2004. Menurut prediksinya, kursi PDI-P sekitar 25-26 dari sebelumnya 30. Golkar mendapatkan 13-14 kursi atau turun empat kursi.

PD, kata Joko, bertambah menjadi 17-18 kursi dari sebelumnya 10 kursi. Begitu pula dengan PKS, kemungkinan besar hanya bertambah satu atau dua menjadi 8-9 kursi. Adapun PKB, jumlah kursi merosot 15 menjadi 7-8 kursi.

Perolehan suara PPP juga menurun. Dari 10 kursi sekarang ini, nantinya menjadi 7-8 kursi. PAN dari 10 kursi (2004) kemungkinan menjadi 7-8 kursi.

Optimistis

Prediksi serupa dikemukakan parpol. PDI-P, PG, PKB, PAN, PPP mengakui ada penurunan jumlah kursi. PKS optimistis mendapat 10 kursi dengan masing-masing dapil memperoleh satu kursi.
’’Dari 10 dapil, 5 dapil diisi incumbent, sisanya diisi wajah baru,’’ kata Sekretaris Bapilu DPW PKS Jateng M Riyono.

Seperti di Dapil I ada Arif Awaludin, Kamal Fauzi (Dapil II), Agus Abdul Latif (Dapil III), M Haris (Dapil IV), Mahmud Mahfudz (Dapil V), Sri Praptono (Dapil VI), Listiyo Nugroho (Dapil VII), Wahid Ahmadi (Dapil VIII), Abdul Fikri Faqih (Dapil IX), dan Madi Mulyono (Dapil X).

Sekretaris DPD PD Jateng Dani Sriyanto menyebutkan, sejumlah nama kemungkinan akan mengisi DPRD Jateng. Misalnya Atyoso Mochtar, Ika Putri Angajaya, dan Yoyok Sukawi, Haritsah dan Soelastri Soembogo (Dapil II), Bambang Priyoko (Dapil III), Tety Indarti (Dapil IV), dan Lilik Haryanto (Dapil V).

Selanjutnya, Anik Amikawati dan Doni Meiyudin (Dapil VI), Bambang Eko Purnomo (Dapil VII), Kukuh Birowo, Wowok Suwaryo, dan Ratna Asterina (Dapil VIII), Joko Hariyanto dan Husein Malik Trijanto (Dapil IX), serta Moch Ali Suyono (Dapil X). ’’Nama-nama itu belum final,’’ tandasnya.

Ketua Bappilu PDI-P Jateng Suryo Sumpeno memprediksi sejumlah nama lama yang akan bertahan, seperti Murdoko, Rukma Setyabudi, Novita Wijayanti, Bambang Haryanto Baharudin, dan Kartomo.

Juga kemungkinan lolos wajah baru seperti Hendrar Prihadi, Yanti Ernawati, Agus Wardoyo, dan Ayuning Sekar Suci. Sekretaris DPD Nuniek Sriyuningsih dan Harri Pramono, Peni Dyah Perwitosari dan Eko Prasetyo kejar-kejaran di Dapil VI. Juga ada Samirun dan Adi Rustanto.

Sekretaris Bappilu PKB Jateng Muh Sukirman juga memperkirakan banyak muka baru yang akan duduk di Gedung Berlian, seperti Luqman Hakim, Aly Nuruddin, Muh Zen Adv, Aryo Seno Gembong Prakoso, Nur Fuad, Fuad Hidayat, Mustofa, Siti Rosidah, Chamim Irfani, dan Sukirman. (H37,H7-65)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar