Selasa, 28 April 2009

Gerindra Raih Sembilan Kursi



SEMARANG- Hasil Pemilu 2009 untuk suara DPRD Provinsi memunculkan fraksi baru yakni Partai Gerindra.

Partai yang didirikan Prabowo itu, berdasarkan hasil perolehan Rekapitulasi KPU Jateng, mampu menempatkan sembilan wakilnya di Gedung Berlian.

Hanura juga mampu mengisi empat kursi di parlemen. PKNU, meski suaranya tidak besar namun mempu mendapatkan satu kursi di dapil VI.

Bagi partai incumbent, perolehan kursinya beragam. PDI-P meski masih mayoritas, tetapi secara jumlah turun. Pemilu 2009 hanya mendapatkan 23 kursi atau turun tujuh kursi dari Pemilu 2004.

Partai Golkar pun mengalami penurunan jumlah dari 17 kursi (2004) menjadi 11 kursi. PPP dari 10 (2004) menjadi tujuh kursi. PKB dari 15 kursi menjadi sembilan.

PAN tetap 10 kursi, sedang Demokrat naik dari 10 kursi menjadi 16 kursi. PKS dari tujuh menjadi 10 kursi dan PKNU mendapatkan satu kursi di dapil VI.
Menghitung Kursi

Ketua KPU Ida Budhiati seusai Rapat Pleno Penetapan Jumlah Suara pemilu mengatakan, pihaknya hanya bisa melakukan penghitungan kursi dan caleg jadi untuk DPRD Jateng.

‘’Untuk DPRD kabupaten/kota sudah diselesaikan di tingkat daerah, sedangkan untuk DPR RI dan DPD, besok (hari ini) akan kami serahkan ke KPU pusat,’’ tandas dia. (H37,H7-46)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar